Tuesday, December 30, 2014

Nutella Mochi Recipe

I made this post in two languages, Indonesian and English :)

Sekarang gw mau bagi pengalaman tentang bikin mochi... Jadi ini mochi sebenarnya udah cukup lama gw buatnya, sekitar 5 bulan yang lalu. Bikinnya sih iseng doang karena waktu itu libur kelulusan dan gw ga ada kerjaan, akhirnya ngeliat cara bikinnya yang mudah dan gak butuh bahan yang aneh-aneh, akhirnya gw buat juga.

Now, I want to tell you about my experience in making mochi.. Actually, I've made these mochi about 5 months ago. I made these because I had nothing to do back then and I saw that making mochi was easy and didn't need any hard-to-got ingredients.. So finally I made it.

Sebelumnya gw juga terinsipirasi dari sebuah kafe bernama Sumoboo di PIK. Di sana ada menu yang namanya nutella bomb. Nutella bomb ini adalah beberapa mochi berisi nutella, disajikan di dalam mangkuk, lalu di atasnya ditaburin susu coklat bubuk, kacang almond, saus coklat dan kuahnya itu sepertinya sih susu coklat... Nahhhh,karena orang-orang suka banget sama makanan ini, akhirnya gw nyoba aja bikin mochi isi nutella juga (karena mochi isi kacang udah terlalu mainstream).

Before that, I also inspirated by a cafe named Sumoboo at Pantai Indah Kapuk. There, they serve us a menu named 'nutella bomb'. These nutella bomb was nutella mochi, served in a bowl, and the topping were chocolate milk powder, almond, and chocolate sauce. Because many people really like this menu, I finally tried to made these by myself.

Gw udah nyoba beberapa resep mochi, tapi resep dari ochikeron ini yang paling mudah dan terjamin hasilnya. TAPIII, cara gw membuat mochi gak sama persis sama dia, punya gw tanpa microwave (karena gw ga punya microwave). Cuma bermodalkan wajan dan kompor aja..

I've tried some mochi recipe, but these recipe from ochikeron is the most easiest and the result is guaranteed. BUT, the way I made mochi didn't same with her, I made it without microwave (beacuse I don't have one). I only used a pan and a stove to made it.

Langsung aja resepnya yaa :)

So, here are the recipe :)

Bahan:

  • Tepung Ketan Putih 50g
  • Gula 75g 
  • Air 100ml
  • Tepung Maizena
Ingredients:
  • 50g Glutinous rice flour 
  • 75g Granulated sugar 
  • 100ml Water 
  • Corn Starch 

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung ketan dan air pada sebuah wajan atau panci teflon, lalu aduk-aduk
  2. Campurkan gula ke dalam tepung ketan dan air yang sudah diaduk (jangan campurkan gula sebelum tepung beras dan air diaduk)
  3. Nyalakan kompor dengan api sedang, lalu letakkan wadah yang berisi campuran tadi di atasnya. Aduk terus hingga tekstur berubah menjadi lengket.
  4. Uraikan tepung maizena pada loyang/meja yang bersih
  5. Letakkan adonan mochi yang sudah lengket tersebut ke atas loyang berisikan tepung maizena
  6. Potong menjadi 8 bulatan (saya menggunakan cangkir kecil agar besarnya sama semua)
  7. Masukkan nutella jangan terlalu banyak agar tidak sulit untuk ditutup
  8. Tutup mochi nya, dan jadilah nutella mochi!
How to:


  1. Pour glutinous rice flour and water in a pan or frying pan, mix it well
  2. Pour granulated sugar in the mixture on the step number 1 (do not mix granulated sugar before glutinous rice flour and water mixed!)
  3. Light up your stove with medium flame, and put the step number 2 on the stove. Mix it until the texture become thick and sticky
  4. Dust some corn starch on a clean counter
  5. Put the sticky mochi mixture on that counter
  6. Cut the mixture into 8 pieces (I'm using a small cup so the size can be all the same)
  7. Put some nutella in mochi mixture that we already cut, one-by-one, but don't put it to much because it will be hard to close it
  8. Close the mochi and we made it, the nutella mochi!


Ini hasil saat saya pertama kali buat dulu... gak pake cetakan.. jelek banget ya :(

These was my result back then.. I was not using any mold, that's why the result were ugly :(



Tapi setelah eksperimen beberapa kali... 

But, after some experiment...


Lumayanlah ya, bentuknya udah rapihh :p Yg bawah itu udah siap untuk dijual hahaha :D

It turns out quite good when I used mold :p The one on the bottom were all ready to sold! :D

Selamat mencoba ! :)

Good luck ! :) Fell free to ask me if you have any kind of questions regarding this :)

Follow my blog with Bloglovin